litografi dan Etsa



Litografi adalah teknik yang ditemukan pada tahun 1798 oleh Alois Senefelder dan berdasarkan tolakan kimia minyak dan air. Permukaan berpori, biasanya batu kapur, yang digunakan; gambar digambar pada batu kapur dengan medium berminyak. Asam diterapkan, mentransfer minyak ke batu kapur, meninggalkan 'membakar' gambar ke permukaan. Gum arab, bahan larut air, kemudian diterapkan, menyegel permukaan batu tidak tertutup dengan media gambar. Batu itu dibasahi, air tinggal hanya pada permukaan yang tidak tercakup dalam minyak residu berbasis gambar, batu ini kemudian 'digulung', yang berarti tinta minyak diterapkan dengan roller yang mencakup seluruh permukaan; karena air repels minyak dalam tinta, tinta melekat hanya untuk bagian-bagian berminyak, sempurna tinta gambar. Selembar kertas kering ditempatkan di permukaan, dan gambar ditransfer ke kertas oleh tekanan dari pers cetak. Litografi dikenal karena kemampuannya untuk menangkap gradasi halus dalam bayangan dan detail yang sangat kecil.


Etsa adalah bagian dari keluarga intaglio Proses ini diyakini telah diciptakan oleh Daniel Hopfer (sekitar 1470-1536) dari Augsburg, Jerman, yang dihiasi baju besi dengan cara ini (bersama dengan ukiran, drypoint, mezzotint, dan aquatint.), Dan diterapkan metode untuk seni grafis. Etsa segera datang untuk menantang ukiran sebagai medium seni grafis yang paling populer. Keuntungan yang besar adalah bahwa, tidak seperti engraving yang memerlukan keahlian khusus dalam logam, etsa relatif mudah dipelajari bagi seorang seniman yang terlatih dalam menggambar.
Tiga Salib, etsa Rembrandt


Cetakan etsa umumnya linear dan sering mengandung detail halus dan kontur. Garis dapat bervariasi dari halus sampai samar. Etsa merupakan kebalikan dari ukiran kayu di bagian mengangkat dari etsa tetap kosong sementara celah-celah terus tinta. Dalam etsa murni, logam (biasanya tembaga, seng atau baja) pelat ditutupi dengan tanah lilin atau akrilik. Seniman kemudian menarik melalui tanah dengan jarum etsa yang runcing. Garis logam yang terbuka kemudian tergores dengan mencelupkan piring di dalam bak ETSA (misalnya asam nitrat atau klorida). ETSA "gigitan" ke dalam logam yang terbuka, meninggalkan di belakang garis dalam piring. Tanah yang tersisa ini kemudian dibersihkan dari plat, dan proses pencetakan selanjutnya sama seperti untuk ukiran.